Minggu, 09 September 2012

Masa Depan Investigasi Akuntansi Forensik


MASA DEPAN INVESTIGASI AKUNTANSI FORENSIK

Dibandingkan dengan akuntansi dan audit yang telah didefinisikan dengan baik, investigasi akuntansi forensik masih berada pada posisi seperti bayi yang baru lahir. Organisasi sertifikasi terbesar dan paling dikenal di lapangan, Association of Certified Fraud Examiners, yang didirikan di Austin, Texas, baru berdiri pada tahun 1988.

PERUBAHAN DISIPLIN
Seperti gerakan dari dokter umum ke dokter spesialis, selama 5 sampai 10 tahun mendatang, investigasi forensik sebagai subspesialis dari disiplin akuntansi akan berkembang lebih luas. Dengan semakin tingginya tingkat kompleksitas dan integrasi di global ekonomi, permintaan wawasan khusus investigasi akuntansi forensik akan meningkat, terutama jika rezim peraturan terus menambahkan persyaratan.
Terus tumbuh dan berkembangnya jaringan digital memiliki implikasi bagi masa depan investigasi akuntansi forensik. Salah satu subspesialis yang mungkin muncul adalah pengumpulan data, yang berbeda dan terpisah dari analisis data dan yang mungkin berkembang menjadi sebuah layanan komoditas-seperti standar. Penting untuk tetap mengkombinasikan kedua fungsi tersebut untuk alasan sederhana bahwa analisis data mungkin jauh dari tujuan perusahaan jika data tidak dikumpulkan secara forensik. Pengumpulan data juga menjadi tugas penting sehingga merupakan outsourcing bagi mereka yang tidak terbiasa dengan investigasi akuntansi forensik.

ALAT BARU
Tidak ada keraguan bahwa alat-alat elektronik yang tersedia bagi investigasi akuntansi forensik akan terus berkembang dan semakin canggih. Seperti dalam banyak bidang lainnya, internet telah menciptakan komunitas minat di situs web di mana peserta dapat berbagi informasi tentang alat-alat baru dan penggunaan peralatan yang ada.
Salah satu tren yang paling menarik adalah untuk meningkatkan aplikasi software yang ada dengan mengembangkan aplikasi proprietary dengan kemampuan yang jauh lebih besar dari yang ditawarkan secara komersial.

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN: PENDUKUNG YANG BAIK UNTUK DISIPLIN YANG BARU
Kami melihat tanda-tanda tren positif: di masa depan, peningkatan jumlah program sarjana dan pascasarjana yang menawarkan kursus dalam investigasi akuntansi forensik. Agar kursus menjadi lebih dari ikhtisar konseptual, mahasiswa harus diajarkan oleh mereka yang telah melakukan pekerjaan dalam investigasi yang sebenarnya. Investigator akuntansi forensik sering terbukti antusias bersedia untuk mengajar dan tim pengajar yang terdiri dari para akademisi adalah formula yang paling efektif. Bahkan penampilan investigator akuntansi forensik berpengalaman sebagai tamu akan menjadi keuntungan dalam konteks program yang sedang berlangsung pada metode audit. Investigator akuntansi forensik berpengalaman harus mendapatkan tempat di universitas.
Deteksi fraud merupakan masalah yang terus berhubungan dengan regulator dan auditor. Kerjasama auditor dengan investigator akuntansi forensik merupakan elemen penting dalam memulihkan kepercayaan investor. Pendidikan dan pelatihan perlu untuk mengejar ketinggalan dengan realisme baru yang dimulai oleh SAS 99 dan Sarbanes-Oxley Act. Hal ini akan terjadi dalam 5 sampai 10 tahun mendatang.

PERATURAN DAN PENEGAKAN
Saat ini transparansi dalam pelaporan perusahaan semakin meningkat. Material fraud laporan keuangan diperkirakan terjadi hanya 2% dari seluruh perusahaan publik AS dan dalam setiap tahun biasanya kurang dari 1% dari semua perusahaan terdaftar dituduh membuat pengajuan palsu. Kecenderungan terhadap risiko menentang peraturan dan penegakan agresif akan terus ada setidaknya selama lima tahun.
Tekanan ada pada profesi akuntan-auditor eksternal, auditor internal, dan investigator akuntansi forensik untuk meneliti kebijakan dan praktik akuntansi, serta untuk merespon dengan cepat dan seksama untuk permintaan pemerintah. Regulator telah melebarkan fokus mereka pada dugaan tindak kesalahan individu. Investigator akuntansi forensik yang berperan sebagai penasehat ​​cenderung meningkat sebagai akibat dari keputusan klien dalam menanggapi peraturan baru yang dikenakan pada perusahaan dan pada profesi akuntan dan bagaimana menciptakan perlindungan dan sistem untuk memenuhi persyaratan se-ekonomis mungkin. Peran investigator ​​akuntansi forensik tidak mungkin menurun. Ada kebutuhan konstan untuk keahlian dan kemampuan praktis mereka, dan integritas pasar modal bergantung sebagian pada kesiapan investigator akuntansi forensik bekerja sama dengan auditor, direksi, dan manajemen untuk menyelesaikan tuduhan secara menyeluruh dan efisien.

MENGUBAH LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Dalam banyak kasus, manajemen dan dewan direksi menjadi jauh lebih menyadari kewajiban baru dan lama mereka untuk mencegah dan memerangi fraud (penipuan) dalam organisasi mereka. Komite audit banyak mendengarkan; mereka lebih sering mengadakan rapat dan lebih sering menyelidiki bersama dengan auditor, dan mereka meminta investigasi tambahan atas dugaan penipuan ketika nampak sebagai langkah hati-hati. Standar profesional yang mengatur pekerjaan komite sekarang memerlukan penyelidikan lebih lanjut ketika bukti kemungkinan perilaku fraud terlihat di permukaan, bahkan jika jumlahnya secara kuantitatif cenderung immaterial.
Pada tahun-tahun mendatang, lebih banyak perusahaan akan mengklarifikasi organisasi mereka dengan pendekatan investigasi fraud. Cukup sering, sampai hari ini, unit bisnis dalam lokasi yang jauh yang memilih untuk melakukan investigasi sendiri dari tuduhan penipuan bukannya merujuk masalah ini ke kantor pusat untuk meminta saran dan nasihat.

INTERNAL AUDIT
Dalam beberapa perusahaan, fungsi audit internal menjadi lebih mampu dalam mendeteksi kecurangan melalui pelatihan. Wajar untuk mengatakan bahwa tim internal audit di perusahaan publik berada di bawah tekanan untuk membuat kontribusi padat terhadap prosedur yang sesuai dengan Sarbanes-Oxley Pasal 404, yang mengharuskan perusahaan publik untuk mempublikasikan informasi dalam laporan tahunan mereka, lingkup keberlanjutan dan kecukupan struktur pengendalian internal, serta prosedur untuk pelaporan keuangan.
Ada banyak hambatan yang dihadapi oleh audit internal dalam mendeteksi kecurangan di perusahaan mereka sendiri, misalnya staf rotasi dan keinginan untuk menghilangkan persepsi bahwa auditor internal berfungsi sebagai polisi perusahaan. Untuk  persiapan awal, manajer dan direktur harus mampu berpikir tajam dan juga bekerja sama dengan kantor akuntan luar atau layanan forensik lainnya untuk melibatkan peneliti akuntansi forensik yang tepat waktu. Perencanaan kebijakan akan memungkinkan calon perusahaan yang akan diperiksa setuju dengan syarat dan tarif per jam sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu pada saat dibutuhkan. Dengan pengaturan ini, penyelidikan dapat dilakukan secara tepat waktu dan efektif.

PERUSAHAAN PENGHAKIMAN PANGGILAN
Di masa lalu, beberapa orang telah menemukan diri mereka dengan kewajiban berat terhadap regulasi dan etika pribadi mereka untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan melindungi reputasi perusahaan mereka. Perusahaan-perusahaan di masa lalu mungkin telah berjuang dengan keputusan apakah akan mengungkapkan perilaku yang saat ini dibuat jauh lebih mudah. Lingkungan saat ini menuntut transparansi dan pengungkapan penuh. Sarbanes-Oxley dan peraturan lainnya telah menempatkan kerangka hukum yang lebih kuat untuk transparansi dan perusahaan belajar dari pengalaman perusahaan lain yang mendapat masalah kecurangan dengan melakukan penyelidikan dan melaporkan.

KLIEN PERUSAHAAN PERSEORANGAN
Pemimpin perusahaan perseorangan cenderung menjadi sasaran penyelidikan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ) dan SEC. Investigasi akuntansi forensik dalam perusahaan bertujuan untuk menyelidiki dugaan penyimpangan dalam laporan keuangan.
Definisi formal akuntansi kecurangan dalam APB 20 mengatakan bahwa Anda dapat keliru dalam membuat perkiraan jika Anda mengabaikan, menyalahgunakan, atau salah menafsirkan fakta-fakta yang tersedia untuk Anda pada saat itu. Perkiraan pada dasarnya adalah keputusan. Forensik akuntansi investigasi biaya telah lama melihat perkiraan, seperti halnya auditor, dan mempertimbangkan apakah keputusan tersebut adalah wajar mengingat portofolio informasi yang tersedia pada saat itu. Karena tindakan terhadap individu sering terjadi setelah tindakan melawan perusahaan, pengacara membela orang-orang dan memanggil investigasi akuntansi forensik  ​​untuk membantu mereka dalam mengumpulkan dan menganalisis fakta-fakta.


DATA OPERASIONAL NON-FINANSIAL (Non Financial Operating Data/NFOD)
Di luar pernyataan jumlah keuangan terletak sebuah alam semesta angka dan pernyataan yang ditunjuk oleh manajemen perusahaan, yang mempengaruhi investor dan pemberi pinjaman sebagaimana mereka memutuskan bagaimana dan di mana untuk menggunakan sumber daya modal mereka. Jumlah laporan keuangan bukan hanya angka yang menghasilkan bunga dalam perusahaan. Data operasi nonfinansial (Non Financial Operating Data/NFOD) dengan cepat semakin penting dalam komunitas investasi, dan meskipun banyak investor dan analis pasar belum menyadarinya, sangat sedikit (jika ada) data ini diaudit. Manajemen memikul tanggung jawab, yang dipaksakan oleh regulator, untuk melaporkan keakuratan NFOD dan auditor eksternal harus membaca data tersebut, tetapi auditor eksternal tidak memberikan jaminan pada keakuratan, kelengkapan, dan validitas data tersebut. NFOD terkait dengan pekerjaan forensik akuntansi penyidik. Tantangan nyata terbentang di depan.  
Mengingat masyarakat sebagai investor dan semua pemangku kepentingan dalam perusahaan publik agar akurat, komprehensif, dan tepat waktu, keuangan dan kinerja informasi diberi kekuatan teknologi informasi untuk menangkap dan memformat informasi itu. Kebutuhan keterampilan peneliti akuntansi forensik mampu mengatasi kekhawatiran atas kemungkinan kecurangan NFOD.

TANGGUNG JAWAB ATAS PENGUNGKAPAN DAN VALIDASI NFOD
Insentif bagi manajemen untuk mengutarakan NFOD adalah sedikit berbeda dari insentif untuk salah mengutarakan laporan keuangan. Sementara laporan keuangan tunduk pada audit independen penuh, hal lain seperti pengungkapan dalam siaran pers, dalam diskusi manajemen dan analisis, dan mengubah lingkungan perusahaan. Dalam briefing analis saat ini tidak tunduk pada apapun, eksternal independen, kritis meninjau bawah standar yang diakui seperti yang diumumkan oleh AICPA-yaitu GAAS.

PERSYARATAN LAIN BURSA SAHAM DAN HUKUM
Tanggung jawab direksi untuk pengungkapan informasi material non-finansial
ditetapkan dalam undang-undang di Amerika Serikat. Tak satu pun tindakan jaminan independen tentang informasi non-finansial. Sebuah
diskusi terakhir meja bundar Sarbanes-Oxley termasuk perusahaan akuntansi dan perusahaan utama seperti PespiCo, Philip Morris, Colgate Palmolive, dan NewsCorp-mencatat bahwa beberapa organisasi telah mengembangkan komite kepatuhan dan program kepatuhan khusus untuk mengatasi pengungkapan non-finansial.
Ketika pengawasan ketat diterapkan untuk NFOD di semua sektor industri, salah satu
hasilnya akan meningkatkan permintaan untuk peneliti akuntansi forensik untuk menyelidiki
tuduhan penipuan secara khusus dengan mengacu pada pernyataan NFOD.

MASA DEPAN AKUNTANSI FORENSIK INVESTIGASI : DALAM PERKEMBANGAN GLOBAL
Bidang penyelidikan akuntansi forensik di Amerika dan seluruh dunia memiliki tantangan yang lebih canggih untuk menangani dan menyelesaikan dengan peralatan yang canggih. Auditor yang berprestasi memiliki konseptual dan tantangan praktis dalam melakukan penyelidikan akuntansi forensik. Mereka mengakui afinitas yang kuat, dan mereka mencari pelatihan dan pengalaman yang akan membuat mereka menjadi praktisi yang memiliki  kemampuan profesional. Dengan peningkatan kemampuan profesi, mereka akan dibayar berlipat ganda, tidak hanya karir tetapi juga dengan pengetahuan bahwa mereka memberi kontribusi yang lebih bagi integritas dan kekuatan pasar di mana semua negara bergantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar